8 Makanan Khas Banyuwangi Paling Terkenal

Makanan Banyuwangi terkenal dengan rasanya yang ringan dan menggugah selera. Banyuwangi, yang terletak di pesisir Jawa Timur, terkenal dengan keindahan alam seperti Kawah Ijen, Taman Nasional Alas Purwo, dan Hutan De Djawatan. Area yang dingin menyebabkan banyak makanan khas Banyuwangi berkuah hangat atau pedas. Coba hidangan tradisional Banyuwangi jika Anda berada di Banyuwangi. Asimilasi dengan berbagai budaya membuat rasanya enak dengan paduan unik. Berikut ini beberapa makanan yang enak dari Banyuwangi. Berikut ini adalah 8 makanan khas Banyuwangi yang dirangkum oleh Jasa Catering Terbaik Sidoarjo, Catering Prasmanan Sidoarjo

1. Ayam Pedas

Ayam kampung adalah makanan khas Banyuwangi. Sesuai namanya, ayam pedas memiliki rasa pedas yang menggembirakan, dan kuahnya dibuat dengan cabai rawit dan santan. Tampak seperti ayam opor, tetapi kuahnya lebih pucat dan rasanya lebih pedas.

2. Ayam Kesrut

Kuliner Banyuwangi ini memiliki kuah yang bening dan pedas. Makanan khas suku Osing dari Banyuwangi, ayam kesrut, yang dibuat dengan campuran kecombrang dan belimbing wuluh, juga disebut Ayam Uyah Asem. Rasanya baik pedas maupun segar.

3. Pecel Rawon

Makanan Banyuwangi ini sangat sehat dan kaya nutrisi. Hidangan ini mirip dengan banyak olahan sayur. Bumbu kacang ditambahkan ke sayuran rebus bersama rawon dan kuah kluweknya. Citata ini terdiri dari campuran manis, pedas, dan gurih dengan rempeyek di atasnya.

4. Telur Petis

Makanan khas Banyuwangi ini menggunakan telur. Karena menggunakan bumbu petis, warnanya menjadi coklat pekat dan memiliki rasa gurih yang khas dari bumbu petis. terutama jika ditambahkan dengan aroma daun jeruk. Ini adalah makanan tradisional Banyuwangi yang sering disajikan selama Lebaran.

Sego Tempong adalah makanan khas Banyuwangi lainnya yang dapat ditemukan di hampir setiap daerah di daerah tersebut. Ini adalah makanan sederhana dan populer yang berasal dari Banyuwangi yang terdiri dari nasi putih dan lauk yang beragam, seperti tahu, tempe, sayuran rebus, ikan asin, dan tentu saja sambal mentah pedas.

5. Petulo

Jajanan pasar yang menggugah selera ini adalah makanan khas Banyuwangi. Petulo, yang dibuat dari tepung beras dan tapioka, memiliki bentuk keriting dan tekstur yang lebih legit daripada putu mayang. Kuah santan dan gula merah digunakan untuk menyediakan petulo.

6. Rujak Soto

Rujak soto, makanan khas dari Bumi Blambangan, juga dikenal sebagai Banyuwangi, terbuat dari rujak dengan bumbu petis dan soto berkuah yang dicampur dengan kaldu rebusan daging sapi dan potongan jeroan sapi. Makanan ini biasanya disajikan dengan potongan lontong di satu piring sekaligus. Rasanya hangat, segar, dan unik.

7. Bagiak

Selain makanan berat, kuliner ringan yang disebut bagiak juga populer di Banyuwangi dan sering dijadikan oleh-oleh. Ada banyak rasa yang berbeda, seperti susu, kacang, jahe, kayu manis, dan lain-lain. Bagiak cocok dengan teh, seperti kue lainnya.

8. Bolu Kuwuk

Tanpa makanan manis, wisata kuliner Banyuwangi tidak akan lengkap. Bolu kuwuk adalah jenis bolu kering yang dibuat dengan bahan-bahan sederhana. Di sore hari, bolu ini cocok dengan teh atau ngopi. Itu adalah beberapa makanan tradisional Banyuwangi yang enak. Anda tidak akan bosan mencicipi makanan lokal karena pilihannya yang beragam. Beberapa di antaranya bahkan dapat diberikan sebagai hadiah kepada teman dan keluarga.